CONTOH PROPOSAL SKRIPSI PENDIDIKAN KARAKTER

Posted by Unknown on Thursday 26 March 2015

CONTOH PROPOSAL SKRIPSI PENDIDIKAN KARAKTER

JUDUL :

"EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS X SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN  2014/2015"

I.                   PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
            Eksistensi suatu negara ditentukan oleh karakter yang dimiliki masyarakat yang ada didalamnya. Bangsa yang memiliki karakter yang baik akan menjadi bangsa yang kuat bermartabat, dan disegani oleh bangsa-bangsa lain. Karakter diperlukan untuk membangun kualitas manusia yang baik, yang bermoral, dan bertanggung jawab. Karakter dan kepribadian setiap individu tentunya sangat berbeda sehingga melahirkan bermacam-macam tindakan dan moral yang berbeda-beda. Karakter atau moral setiap individu juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan kondisi setiap individunya. Salah satu lingkungan yang dapat berpengaruh terhadap karakter individu adalah lingkungan sekolah atau pendidikan. Lingkungan pendidikan dapat membentuk karakter setiap invidu sesuai dengan apa yang di ajarkan dalam kegiatannya. Sekolah merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat menimba ilmu dan belajar untuk siap bermasyarakat, termasuk didalamnya juga diajarkan norma, nilai-nilai, dan batasan dalam berbuat dan bertindak agar menjadi pribadi yang diharapkan oleh sekolah, masyarakat, serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
            Untuk mencapai tujuan tersebut pemerintah telah mencanangkan program pendidikan karakter yang dapat diterapkan disetiap jenjang sekolah sehingga diharapkan setiap sekolah akan menghasilkan output siswa yang berkarakter sesuai yang telah ditetapkan dalam tujuan pendidikan karakter.
            Pendidikan karakter telah menjadi perbincangan diberbagai negara untuk menangani degradasi moral dan karakter manusia. Pendidikan karakter juga telah dicanangkan dalam sistem pendidikan nasional yang perlu diaplikasikan oleh setiap sekolah sehingga, diharapkan akan terbentuk suatu karakter siswa yang baik dan berkarakter. Pendidikan karakter sebenarnya telah direncanakan dan telah disebutkan dengan nama dan bentuk yang berbeda-beda, namun mengenai hasilnya belum terlihat optimal . Dalam Undang Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional telah ditegaskan bahwaPendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”  
            Pendidikan karakter yang dari dulu telah dibahas dan direncanakan oleh pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa ini nampaknya belum sepenuhnya menjadi perhatian khusus terhadap pelaksanaannya disetiap insitusi pendidikan atau sekolah. Terbukti masih banyaknya pelanggaran norma ataupun aturan oleh generasi bangsa seperti tawuran, membolos, pembunuhan, pencurian, dan tindakan-tindakan yang jauh dari makna karakter yang baik. Bentuk dari banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh generasi bangsa merupakan bukti dari kurangnya perhatian dan pengawasan masyarakat serta institusi pendidikan yang belum sepenuhnya mencurahkan perhatiannya untuk membentuk karakter siswa sesuai tujuan pendidikan nasional melalui pendidikan karakter.

            Menurut David Elkind & Freddy Sweet Ph.D dalam Zubaedi (2011:15),"Character education is the deliberate effort to help people understand, care about, and act upon core ethical value ", (pendidikan karakter adalah usaha sengaja (sadar) untuk membantu manusia memahami, peduli tentang, dan melaksanakan nilai - nilai etika inti). Pendapat tersebut hampir sama dengan William & Schnaps dalam Zubaedi (2011:15), "Any delibrate approach by which school personnel, often in conjuction with parents and community members, help children and youth become caring, principled and responsible", (berbagai usaha yang dilakukan oleh para personel sekolah, bahkan dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan anggota masyarakat, untuk membantu anak-anak dan remaja agar menjadi atau memiliki sifat peduli, berpendirian, dan bertanggung jawab).
UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN EMAIL SAYA, DAN MASUKKAN SAYA DI DAFTAR PUSTAKA ANDA. :D 

{ 3 comments... read them below or add one }

sagomuria said...

salam ..boleh share mas/mbak ..kebetulan sy butuh materi ini..trm kasih

Unknown said...

boleh sekali mas, monggo jangan lupa cantumkan sumbernya,

Unknown said...

huwa aku bingung

Post a Comment