PERBEDAAN KAMERA NIKON dan CANON

Posted by Unknown on Sunday 26 April 2015

PERBEDAAN KAMERA NIKON dan CANON 

selamat pagi agan agan, saya akan berbagi pengalaman setelah memegang kamera Nikon dan Canon.
berdasarkan pengalaman saya, saya sudah pernah memegang kedua tipe kamera tersebut, mulai dari yang pemula hingga semi pro.


menurut saya Nikon Dan Canon sama sama baik, tergantung siapa yang memegang. itu tergantung sama selera dan jodohnya user.
bicara mengenai selera itu pasti mengundang Pro dan Kontra.
tapi jangan tersulut emosi dahulu bagi yang fanatik terhadap merk tertentu. Karena perbedaan itu indah sob, hehe . jadi setelah baca ini harap dipahami ya.. tulisan ini hanya sekedar Opini dari saya, bukan dari mengambil kesimpulan dari banyak artikel yang saya baca melainkan menurut pengalaman saya. kalau pengalaman kalian berbeda saya harap bisa saling menghargai pendapat orang lain ya sob.. :D
Langsung saja ya.. saya ulangi lagi KENYAMANAN KAMERA TERGANTUNG OLEH SELERA USERNYA . kalo buat pemula, solusinya adalah Canon. Namun jika Pemula lebih menyukai tantangan, bisa mencoba nikon, walaupun sebenarnya tidak jauh berbeda.
fitur Canon memang lebih mudah dipakai oleh user, karena canon lebih membidik user yang masih pemula pada kelas kamera pemula, seperti canon 1000d, 1100d, 1200d, 600d, 550d.dan harga aksesorinya seperti lensa lebih murah.
untuk Nikon kualitas gambarnya lebih bagus dan kontrass.
pegangannya juga lebih enak dipegang sehingga tidak cepat lelah , Nikon fiturnya juga banyak namun bukan untuk pemula. penggunaan nikon lebih sedikit sulit bagi pemula. untuk itu yang ingin memegang camera nikon semi pro sebaiknya menggunakan nikon untuk versi pemula dahulu.
ini perbedaannya
CAMERA CANON:

  1. Mudah dipakai pemula, fiturnya seperti auto fokusnya walaupun manual lebih mudah.
  2. Harga aksesorinya lebih murah dan lebih terjangkau
  3. Mega pixelnya lebih besar pada sektor pemula
  4. Familiar bagi Masyarakat
  5. Kualitas Gambar soft, atau kurang kontras, noise lebih terlihat, jadi untuk hasilnya kurang memuaskan
  6. Beratnya lebih ringan dari pada nikon
  7. Jaringan Servis dan Pengembalian lebih Mudah dan Murah.
  8. Kualitas Hardwarenya lumayan bagus, seperti plastik, karet" grip dan kekencangan bodynya.
  9. Bagus untuk memotret didalam ruangan, 
CAMERA NIKON:
  1. Kualitas Gambar lebh bagus, lebih kontras, dan seperti nyata jika untuk memottret di luar ruangan
  2. Agak sulit dalam pengoperasiannya bila masih baru mencobanya.
  3. Fitur Manualnya dan pengaturannya lebih banyak. untuk sektor pemula lebih membingungkan namun menguntungkan bila user sudah cakap dalam menggunakannya, karena kreatifitasnya dalam menggunakan pengaturannya lebih banyak.
  4. Harga Aksesori dan Kameranya seperti lensa lebih mahal,
  5. Jaringan servis sedikit lebih sulit dan tidak mudah
  6. Bobot kamera lebih berat, namun sepadan dengan kualitas body dan hardwarenya
  7. Pegangan Kamera Lebih nyaman dan tidak muda lelah
  8. Penampilan Body Kit lebih terkesan mewah dan Elegan, karena warna emas dan hitamnya
  9. Kualitas Hardware dan body kit lebih bagus dan Awet.
  10. Fitur titik fokusnya lebih banyak, sehingga memungkinkan User untuk memilih titik fokus yang diinginkan pada fitur manualnya.
itu semua perbedaannya, namun saya tidak membatasi keinginan anda untuk memlih yang mana,
Karena KENYAMANAN KAMERA TERGANTUNG OLEH SELERA USERNYA.
Semua kamera memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing, selamat memilih dengan berbagai pertimbangan anda. Canon dan Nikon sama Sama Bagus..
saya tidak berniat untuk memprofokasi bagi yang fanatik pada tipe Nikon atau Canon.
ulasan diatas itu hanya menurut saya, pengalaman saya, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja.
oke sekian dari saya, Salam Damai, dan Bravo Fotografi.
boleh koment dan like atau share ya.. monggo.. :D

{ 6 comments... read them below or add one }

Burger Enak said...

Mas ada risetnya gak? Nikon byk dipake kamera profesional? Dari riset yg ada sebagian beaar pake canon, sony, baru nikon selbihnya fuji dan olympus, cek lagi yg benar

galih jati said...

Semua sesuai selera, memang kalau canon itu hasilnya lebih instan, ga usah post editing sudah bagus (apalagi kalau di edit! He he). kalau nikon membutuhkan seseorang yang cerdas karena pengaturan lebih rumit, kalau bisa menguasai hasil pasti luar biasa, kalau ga menguasai ya jelek abis..sy pengguna dua2 nya tergantung mood aja

Burger Enak said...

Kata siapa? Gak bisa digeneralisasikan begitu, terus merk lain kemana? Kyk sony, pentax dan fuji?

Lagian nikonnya nikon apa dulu? Kalo nikon d2 hasilnya mentah perlu di edit lagi, canon jaman 20d juga hasilnya mentah harus edit dulu

Nikon sekarang jaman d4 kata siapa rumit? Gak juga

Yg perlu edit itu kalo hasilnya RAW, kalo hasil jpeg gak ada istilah rumit.

Unknown said...

sebelumnya terimakasih banyak bagi agan agan yang telah berkunjung di blog saya :D
maaf ya juragan boss fotografer, sebelumnya kan saya sudah tulis diatas, itu hanya ulasan menurut saya, kalau menurut agan berbeda ya tidak apa apa, saya juga sudah dijelaskan diatas bahwa Kenyamanan Kamera tergantung sama Selera Usernya Usernya, dan saya juga telah menuliskan saya tidak berniat memprofokasi, hanya berbagi pengalaman menurut saya saja, hehe makasih banyak ya sudah berkunjung sob.. :D

Burger Enak said...

Pengalaman gak bisa digeneralisasikan lah, namanya pengalaman kan disesuaikan selera, kamera byk merknya, jgn jadi katak dalam tempurung yg taunya cuma canon & nikon

Unknown said...

yahh.. itu kan pengalaman saya, menurut saya sendiri, ya itu juga selera saya sendiri gitu, saya cuma cerita menurut pengalaman saya sendiri sob..
ko bilangnya katak dalam tempurung? saya bercerita disini itu membatasi pada Nikon dan Canon saja, kan itu keinginan saya buat bercerita mengenai perbedaan nikon dan canon saja . judulnya aja suda saya batasi hanya nikon da canon kan? walaupun kamera banyak mereknya.. saya tau banyak banget kamera, tapi disini saya cuma bercerita perbedaan nikon dan Canon menurut pendapat saya. tulisan diatas hanya sekedar opini bang, bukan hujatan, toh saya sudah terangkan diatas.. :D semoga paham maksud sayaya bang.. hehe

Post a Comment